Bahan Baku Langka, Industri Mebel Terpaksa Tolak Ekspor

Untuk dapat melihat potensi suatu produk pada NTE tertentu salah satunya dapat dilakukan melalui kata kunci Market Intelligence atau Market Brief pada halaman pencarian di internet. Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi menyalurkan 17 ribu APD bagi tim kesehatan di Jawa Timur dan Bali untuk menangani pandemi Covid-19. “Keselamatan dan kesehatan rekanan perusahaan tetap menjadi prioritas tinggi,” menurut pernyataan perusahaan.

Relaksasi impor yang diberikan tersebut adalah pengecualian atas persyaratan yang ada yaitu ketentuan LS di negara asal atau pelabuhan muat dan pembatasan pelabuhan masuk. “Alangkah kasihannya kita, luar kita kasih bantuan kayak gitu sementara di sini harga melonjak di luar kewajaran karena kelangkaan masker itu sendiri,” ujar Yoyon. “Contohnya, kita akan mengunjungi Pasar Pramuka yang memang menjual alat-alat kesehatan,” ucap dia. “Karena kalau satu kardus masker dihargai satu juta rupiah, itu enggak normal.” Karena virus corona Covid-19, aktivitas produksi di China terhambat tak bisa beroperasi secara maksimal.

“Untuk DKI Jakarta, aturan domisili juga banyak yang salah, karena seharusnya aturan ini hanya berlaku untuk perusahaan baru atau aktivitas baru yang memiliki limbah industri atau perluasan usaha,” tegas Irwandy. Kenapa demikian, karena ada perlakuan yang dianggap tidak adil oleh para petani. Di mana disisi lain cukai dan harga rokok terus mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Selain itu juga bisa menghentikan impor yang non produktif untuk meningkatkan nilai tambah tenaga kerja agar lebih berdaya saing. Kemudian adanya penyesuaian biaya ekspor dan akses logistik serta yang paling utama adalah menciptakan demand di masyarakat. Dampak positifnya adalah memudahkan pemilik bisnis mendapat lebih banyak variasi produk untuk bisa diolah menjadi barang jadi ataupun langsung dijual dan didistribusikan ke pasar dalam negeri.

Menjalin kerja sama dengan negara lain untuk mencegah penyebaran tanaman yang diselundupkan ini apalagi untuk beberapa jenis tanaman yang langka dan dilindungi di Indonesia. Banyak pusat pembiakan yang memang keluar masuk Indonesia untuk mencari jenis baru yang tidak ada di luar negeri. Mengingat memang ada begitu banyak jenis yang ada di Indonesia begitu unik sehingga bisa berharga mahal.

Ekspor bahan- bahan langka

Sehingga menimbulkan kelangkaan bahan baku rotan di dalam negeri,” tegas Ketua Umum HIMKI, Soenoto, di Jakarta, kemarin. Melimpahnya produksi kayu dan hasil hutan menjadikan Indonesia juga pengekspor produk mebel paling unggul di dunia. Sayangnya, pandemi virus corona sempat memukul industri mebel di Tanah Air.