5 Produk Unik Ini Jadi Komoditi Ekspor Ri Ke Berbagai Belahan Dunia

Biasanya berupa produk mentah yang bisa digolongkan berdasarkan mutu, sesuai standar perdagangan internasional. Produk itu di antaranya produk besi baja, hortikultura, garam industri, gula, tepung, jagung dan kentang serta komoditas lainnya. Dalam upaya meningkatkan ekspor Indonesia, Pemerintah telah melakukan perjanjian kerja sama perdagangan regional dan internasional, baik kerja sama bilateral maupun multirateral. Umumnya sifat kerja sama perdagangan internasional ini adalah blok pasar, perluasan pasar melalui Free Trade Agreement , dan pertukaran potensi ekonomi (Comprehensive Economic Partnership – CEP). Menurut Alibaba.com, sebenarnya ada sepuluh industri dan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang memiliki potensi untuk dikembangkan di Indonesia karena memiliki permintaan ekspor yang cukup besar di pasar international. [newline]Kita tahu bahwa mengekspor biji kopi mentah adalah tidak disarankan karena tidak memiliki nilai tambah yang tinggi. Namun, pemerintah hanya merekomendasi untuk mengekspor biji kopi mentah yang memiliki standar specialty dan sustainable, karena mampu bernilai tinggi di pasar ekspor.

Kebanyakan hasil produksi karet negara ini – kira-kira 80 persen – diproduksi oleh para petani kecil. Oleh karena itu, perkebunan Pemerintah dan swasta memiliki peran yang kecil dalam industri karet domestik. Minyak kelapa sawit merupakan komoditas unggulan penghasil devisa terbesar Indonesia dengan tujuan ekspor ke China, Singapur, India, Jerman, Spanyol, Amerika, Jerman dan beberapa negara lainnya.

Membuat sebuah komunitas Ekspor

Indonesia memiliki banyak potensi dalam mengusung strategi ini dikarenakan keunikan dan kekhasan yang dimiliki oleh kopi masing-masing daerah. Kopi Indonesia sebetulnya memiliki potensi besar untuk diekspor oleh UKM di Indonesia. Namun, performa ekspor kopi Indonesia saat ini tidak mencerminkan hal tersebut. Selain faktor alam, biaya produksi juga turut mempengaruhi keunggulan atas suatu komoditi. Pengaruh suatu harga barang bisa dipengaruhi oleh pengeluaran biaya produksi yang rendah. Semakin murah suatu harga bisa ditentukan dari semakin rendahnya suatu biaya produksi.

Cumi – Sotong – Gurita merupakan salah satu komoditas unggulan ekspor produk perikanan Indonesia setelah udang dan TCT. China, Vietnam dan Taiwan menjadi tujuan utama Indonesia dalam melakukan ekspor Cumi – Sotong – Gurita. Pada periode Januari – September 2018, ekspor Cumi – Sotong – Gurita Indonesia mencapai USD 371 juta atau 10,53% dari keseluruhan nilai ekspor perikanan Indonesia.

Makanya, dia meminta para eksportir kopi menginvestasikan dana untuk riset dan pengembangan guna meningkatkan keahlian dalam membuat campuran kopi sehingga menciptakan cita rasa baru yang sempurna dan disukai pasar luar negeri. Pranoto mengakui bahwa ekspor bahan mentah tidak menguntungkan bagi produsen karena rendahnya harga jual. Tetapi, cara tersebut menjadi satu-satunya upaya untuk mengalirkan hasil panen dari petani secara cepat. Pertimbangkan berbagai platform buying and selling web site yang tersedia saat ini yang membantu mempertemukan dengan calon pembeli/importir secara online. Juga terdapat allianceforcoffeeexcellence.org yang melelangkan produk kopi specialty yang memiliki grade sangat tinggi. Lalu, ada organic-bio.com dan flocert.net untuk memasukkan direktori usaha yang bersertifikat Organik dan Fairtrade.

Pemanfaatan teknologi digital akan menjadi salah satu solusi dalam menggerakkan perekononiman di tengah kondisi pandemi Covid-19 dengan masih terbatasnya mobilitas antarnegara. “Dengan terjalinnya perdagangan yang lebih luas, diharapkan menjadi pemantik datangnya investasi yang mendorong industrialisasi. Dengan demikian, kolaborasi yang menghasilakn barang bernilai tambah dapat terwujud,” lanjut Mendag Lutfi. Padahal, dari segi bahan baku, Indonesia jauh lebih unggul dibandingkan Vietnam. “Untuk DKI Jakarta, aturan domisili juga banyak yang salah, karena seharusnya aturan ini hanya berlaku untuk perusahaan baru atau aktivitas baru yang memiliki limbah industri atau perluasan usaha,” tegas Irwandy.

Selain peluang ekspor yang semakin terbuka, pasar kopi di dalam negeri juga masih cukup besar. Untuk itulah, saya sarankan bagi sahabat UKM yang ingin mengambil peluang ini untuk memfokuskan diri membantu para petani kopi dalam proses produksi biji kopi specialty. Ajari petani bagaimana sistem produksi kopi yang terdepan serta bantu dengan permodalan khususnya dalam teknologi. Jangan lupa juga, bahwa sustainability adalah faktor penting lain selain kualitas tinggi. Jika persiapan ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, niscaya kopi Indonesia dapat menjadi nomor satu di dunia, dan petani kopi Indonesia pun makin sejahtera.

Perekonomian Jepang dan Eropa pun akan lebih membiru dengan peningkatan ekspor akibat dari tingkat konsumsi yang meningkat, juga ditopang dengan kebijakan yang akomodatif. Pertumbuhan ekonomi China diperkirakan tetap tumbuh tinggi terutama didorong oleh ekspor seiring peningkatan permintaan, khususnya dari negara maju. Sementara, persentase produk migas tidak sampai 10% dari total ekspor Indonesia. Keberagaman komoditas tersebut menunjukkan negara kita punya banyak produk potensial yang bernilai ekspor. Lebih lanjut, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia di bawah naungan Kementerian Perdagangan menyebutkan 10 komoditas ekspor Indonesia yang menjadi produk utama. Dia mengungkapkan, bahwa volume transaksi perdagangan Indonesia dengan China mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari aktivitas ekspor dan impor dalam waktu 10 tahun terakhir.